Follow Us @soratemplates

Jumat, 16 Februari 2018

Tips Mencari Durian Murah di Tasikmalaya

Buah berduri yang satu ini adalah  salah satu buah kesukaan masyarakat Indonesia. Meskipun ada beberapa yang tidak menyukainya karena baunya ataupun bentuknya yang lembek.

Pada hari Jumat, 16 Februari 2018 adalah hari libur imlek. Kami memutuskan untuk travelling dengan menggunakan mobil . Saya, suami, bapak, ibu dan adik ipar  yang ikut berburu durian. Sebelumnya kami mengikuti adik iparku untuk membeli jas hujan. Setelah beberapa lama mencari akhirnya ketemu juga jas hujan yang ramah di kantong dan sesuai dengan keinginannya di toko dekat rel kereta api di sekitaran pasar Pancasila.

Setelah itu kami mulai berburu duriannya. Dari kota Tasikmalaya menuju ke arah selatan melalui jalan Kawalu kemudian ke Sambong dan tibalah di Urug, Sukaraja.

Disini perlu keahlian khusus dalam tawar menawar. Karena suami dan bapak mertua cukup ahli dalam tawar menawar diperoleh harga yang murah. Sebuah durian ukuran sedang dihargai 20ribu rupiah. Kami, akhirnya memborong durian untuk dimakan bersama.

Durian kami bawa untuk dimakan di peristirahatan berikutnya yaitu masjid Sukaraja. Kami membelah durian yang kami beli. Sayangnya yang satu kurang manis dan yang lainnya manis.

Perjalanan kami lanjutkan, kami menemukan seorang ibu yang berjualan Durian. Warung ini ada disekitar Sukaraja dan Jatiwaras.

Ada sekitar 10 durian yang diborong dengan harga 150ribu. Cukup lumayan. Dan terjadialah tawar menawar yang cukup sengit. Sehingga, diketahui bahwa Ibu pedagang itu membeli durian  semuanya seharga 100 ribu rupiah. Jadi, apabila ia menjual dengan harga 50 rb perbutir maka, ibu itu bisa untung 50 rb. Karena persaingan yang ketat. Banyak pedagang yang seperti Ibu itu yang  terpinggirkan. Akibatnya durian tidak laku dijual dan menjadi busuk.

Berdasarkan pengalaman tersebut. Didapatkan beberapa tips untuk membeli durian murah di Tasikmalaya

1. Membeli durian di daerah Urug, Sukaraja bisa lebih murah. Asal bisa menawar. Jangan terlalu ke arah selatan lagi karena harga bisa menjadi lebih mahal. Karena setelah dari desa Sukaraja kami menuju pulang bertemu dengan beberapa pedangang durian. Dan tetap menjual dengan harga 50 rb perbutir ukuran sedang.

2. Pilihlah pedagang durian yang terpisah atau menyendiri. Karena saat pedagang berkumpul maka mereka sudah ada kesepakatan masalah harga. Dan otomatis urusan tawar menawar menjadi sangat sulit. 

3. Usahakan mencicipi duriannya dulu sebelum membeli . Jangan tertipu harga. Sekarang musim hujan biasanya suka agak kurang manis . Jadi, dicicipi dulu

4. Jadilah pembeli yang terakhir membeli supaya bisa dengan leluasa menawar dan mendapatkan potongan harga yang lumayan.

Mungkin sekian dulu nanti kita lanjutkan lagi ceritanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan berlebihan memuja orang.

Hy sahabat onlineku. Kita ketemu lagi di catatan Aisyah. Ok guys disini aku mau curhat aja. Ternyata mental inlander ada di dalam diriku.  ...