Follow Us @soratemplates

Rabu, 07 Februari 2018

Review Buku "Menulis dan Berfikir Kreatif cara Spritualis Kritis" karya Ayu Utami

Pada bedah buku kali ini kita akan review bukunya teh Ayu Utami yang Book 2. Yang berjudul "Menulis dan Berfikir Kreatif cara Spritualisme Kritis"

Setelah sebelumnya di Book 1 ada 4 Pola Pikir, Cilukba, dan jurus-jurus lain di Book 1. Di Book 2 dilanjutkan dengan rahasia menulis lainnya seperti, 5 Mekanisme Pikir, Kunci 3T dan Jurus-jurus lain di Book 2.

Ayu Utami adalah penulis yang lahir di Bogor, 21 November 1968 yang banyak mendapat penghargaan nasional dan internasional. Salah satunya adalah Prince Clause Award  (2000) di Bidang Kebudayaan. Ia pernah mengajar menulis kreatif di India dan Austria. Bukunya banyak diterjemahkan ke dalam bahasa asing.


Mengapa buku ini layak di riview? Karena buku ini menjelaskan secara rinci mulai dari awal sampai finishing untuk membuat novel. Bahkan, ada tips untuk menyimpan file di laptop bagi yang ingin menulis dengan konsisten. 

Salah satu cita-citaku adalah bisa menerbitkan buku. Selama ini memang mencari buku tentang menulis. Tetapi, sayangnya kurang tepat karena terlalu berat dan monoton dalam menjelaskan. 

Di buku ini bukan hanya menjelaskan. Tetapi, juga disetiap sesi ada bagian praktikum. Sehingga, kita dengan mudah menerapkan materi tersebut. 

Kelebihan buku ini adalah banyak tips menulis yang berbentuk gambar. Ada yang namanya kartu kilat yang bisa kita tempelkan di meja ataupun di dinding.

Buku ini membahas banyak hal, mulai dari yang paling dasar adalah ide dalam menulis. 

Pergolakan batin penulis benar-benar diulas habis dalam buku ini yang
  dimulai daei Sesi 1 sampai dengan Sesi 3. Berisi tentang cara mendapatkan ide, cara membuat kalimat, paragraf sampai memilih tema yang tepat.

Keseluruhan sesi ada 10 bagian. Di akhiri dengan lampiran-lampiran yang berisikan tentang Keburukan Tipe Spontan dan perbaikannya . Keburukan Tipe Struktur dan perbaikannya. Bahkan, ada model menulis terinspirasi dari kartu Tarot.






Buku ini sangat memahami gaya menulis yang spontan ataupun yang terstuktur. Sekaligus menjelaskan kelebihan den kekurangan dari keduanya. Psikologis dalam menulis sangat di tonjolkan dalam buku ini.

Bentuk bukunya seperti buku Binder . Bentuknya covernya sangat tebal sehingga tak mudah sobek ataupun basah. Disarankan ada pinsil di  di tengah rongga buku. Karena untuk menyelesaikan bagian praktik sekaligus menandai bagian yang penting.



Menariknya, dengan gaya menulis Ayu Utami ada beberapa gambar dan ilustrasi yang sangat membantu kita dalam memahami materi. Dan yang paling menyenangkan adalah ada beberapa rumus rahasia hasil pemikiran Ayu Utami yang di bahas satu-persatu di sini.



Diakhir ada ada kartu kilat yang bisa ditempelkan di dinding atau di meja. Seluruh materi akan dirangkum di akhir dalam bentuk kartu kilat. 

Kekurangan dari buku ini adalah banyak istilah yang kurang paham. Bagi yang kurang paham isilah-istilah kepenulisan akan terasa sulit memahami buku ini. Solusinya, kita bisa bertanya ke Mbah Google dan sangat disarankan saat membaca jangan lepas dari  Mbah Google dari tangan Anda karena bisa memudahkan untuk memahami materi.

Penerbit : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)
keseluruhan halaman 177.  plus lampiran kurang lebih ada 200 halaman
harga 120.000


ODOPBatch5# Tantangan Ke 2#
Trima kasih sudah berkunjung ^_^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan berlebihan memuja orang.

Hy sahabat onlineku. Kita ketemu lagi di catatan Aisyah. Ok guys disini aku mau curhat aja. Ternyata mental inlander ada di dalam diriku.  ...