Follow Us @soratemplates

Selasa, 27 Februari 2018

Apakah sombong dan percaya diri berbeda?

Hai, sahabat aiznote

          Kali ini kita akan membahas mengenai sombong dan percaya diri. Apakah anda tahu apa itu sombong ? berdasarkan kbbi.wb.id Sombong adalah suatu sifat yang mnghargai diri secara berlebihan ;cokak ; pongah . Sedangkan, Percaya diri adalah kemampuan individu untuk menyakini dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

          Sebenarnya menurutku sombong dan percaya diri bedanya tipis sekali. Yang membedakan cuma satu yaitu iman . ^_^

 
           Confindence (percaya diri) adalah salah satu modal yang penting untuk menapaki terjalnya kehidupan. Tanpanya kita akan mudah terombang ambing dalam kehidupan.

           Saat kecil saya sempat berfikir kalau percaya diri dan sombong itu adalah sesuatu hal yang sama. 

            Namun, dengan berjalannya waktu. Keduanya adalah hal yang berbeda. Berikut ini perbedaan Percaya Diri dan Sombong, yaitu :

1. Niat

       Semua perbuatan pasti diawali oleh niat. Niat yang baik akan berbuah manis. Begitupun sebaliknya.
        Percaya diri diawali oleh niat yang positif. Misalnya Optimis dalam beraktivitas. Sehingga, ia akan terus merasa semangat dalam menjalani hidupnya. Sedangkan, sombong di awali dengan niat yang negatif. Seperti merasa paling hebat diantara teman-temannya.



2. Cara Memandang 

        Cara orang sombong dan percaya diri sangat berbeda dalam memandang orang lain. Orang percaya diri akan memandang orang sama derajatnya . Sehingga, ia cenderung ramah dan mau berteman dengan siapapun. Bahkan, yang levelnya lebih rendah dari dirinya.
          Sedangkan orang sombong, akan cenderung memandang sebelah mata ataupun menganggap remeh seseorang yang levelnya di bawah.
3. Butuh Perbandingan 

       Orang percaya diri akan lebih enjoy dengan hidupnya. Ia merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Mau pakaian atau aksesoris apapun . Ia tidak mudah minder dan membandingkan dirinya dengan orang lain.
       Sedangkan orang sombong, selalu butuh perbandingan untuk merasa dirinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan teman-temannya. Apabila ia terlihat rendah dimata orang lain biasanya akan sensitif dan mencari-cari kesalahan orang lain.

4. Anti Kritik

      Orang yang percaya diri biasanya akan terbuka dengan kritikan dan saran ( open minded ) . Ia sangat terbuka dengan perbedaan. Ia tak segan menyetujui pendapat dari yang level yang di bawahnya apabila menurutnya benar.             Sedangkan orang sombong biasanya tak bisa menerima masukan ataupun kritikan (close minded). Karena ia merasa hidupnya selalu baik-baik saja tak ada cacatnya. Bahkan, cenderung sensitif terhadap pembicaraan orang lain
5. Bersosialisasi

         Orang yang sombong biasanya kesulitan dalam bersosialisasi karena sibuk menilai orang dan terlalu memilih teman . Ia akan  menolak berteman dengan yang levelnya rendah . 
        Sedangkan orang percaya diri akan lembut kepada siapapun. Ia akan mudah bersosialisasi karena tak terlalu memilih teman. 

ODOPBatch5#.

4 komentar:

Jangan berlebihan memuja orang.

Hy sahabat onlineku. Kita ketemu lagi di catatan Aisyah. Ok guys disini aku mau curhat aja. Ternyata mental inlander ada di dalam diriku.  ...