Follow Us @soratemplates

Selasa, 20 Februari 2018

Menjelajahi ODOP Yuk

Selamat pagi semuanya,
sumber foto : locustaviridis.com

          Kali ini saya akan membedah kelas ODOP. ODOP singkatan dari One Day One Post . Sebuah program untuk membuat pesertanya membuat tulisan setiap harinya di blog pribadinya masing-masing. Setelah itu akan ada setoran link setiap harinya di Grup khusus link. Meskipun, kita tak bisa menulis pada hari itu. Nanti bisa di tulis dikemudian hari. Patokannya satu minggu terdiri dari 6 postingan bebas dan 1 postingan tantangan. Seperti yang saya tulis sekarang. Ini jenis postingan tantangan yang temanya yaitu membahas tentang ODOP. Apabila ada 3 x berturut dalam seminggu akan dikeluarkan dari grup.

        Selain kegiatan menulis, ada kegiatan yang sangat menarik yaitu "Kelas ODOP" disini akan dibahas materi seputar menulis. Seperti PUEBI, FIKSI, NONFIKSI, Artikel, dll. Biasanya di mulai jam 20.00. Sekitar satu jam atau 1 jam setengah. Sesuai kontrak waktu di awal.
Peserta di komunitas ODOP sangat beragam. Ada yang ibu rumah tangga, guru, mahasiswa, pelajar, pegawai pemerintah dll.


sumber foto : imgrum.org

           Oia, bagi yang ingin masuk komunitas ODOP. Sebelumnya peserta akan mengisi formulir secara online. Setelah itu no hp yang dipakai registrasi akan dimasukan ke dalam grup ODOP. Kedepannya grup ini akan disebut Grup Pusat atau sebutan kerennya Grup Angkasa .
Beberapa lama di Grup Pusat. Peserta  kemudian dibagi lagi menjadi Grup Bumi, Merkurius, Venus, dan Mars. (Setiap angkatan berbeda-beda kalau yang saya ikuti adalah angkatan ke-5.
          Sebelumnya ada info kalau angkatan ke-4 memakai nama sayuran. Untuk angkatan yang lainnya saya belum tahu. Mungkin ada yang tahu bisa menambahkan di kolom komentar ^_^ )
sumber :whatsapp GrupODOP 

           Kalau saya dari Grup Merkurius mentornya antara lain Mbak Hanum, mbak Renee, mbak Anis Khoir, dan mas Yapalguna. Semuanya adalah mentor dan mentir yang kece habis. Mereka bersedia membimbing dan menghadapi pertanyaan peserta yang aneh, berbelit, dan sedikit alay.
Saya pribadi sangat berterima kasih sudah diberi kesempatan untuk menimba ilmunya disini. Meskipun, rasanya umur sudah lanjutan, tetapi nyatanya masih banyak yang belum bisa saya pahami ^_^.
           Disini juga, akan bertemu banyak teman yang kece dan menyenangkan. Meskipun, kadang-kadang agak rempong, Tetapi alhamdulillah sejauh ini semuanya sangat menyenangkan.
Di grup planet. Ada yang namanya sesi bedah tulisan. Jadi, tulisan salah satu peserta di bedah oleh rekannya sesamanpeserta dan mentor mentir nya .
          Kadang-kadang Pak Ketu juga tiba-tiba muncul. Memberi masukan dan saran. Sesi bedah tulisan adalah sesi yg bisa dibilang menegangkan dan mengurut perut (pikaseuriun kata orang sunda mah).
          Ada program Blog Walking yaitu peserta mengunjugi blog peserta lainnya. Biasanya sudah ditentukan ada link blog peserta yang dikunjungi. Tetapi, ini sifatnya tidak wajib alias sunnah, tetapi lebih baiknya dikunjungi karena dengan mengunjungi pertama bisa menjalin silahturahmi, instropeksi diri karena dengan mengamati blog lain kita bisa mengetahui kekurangan blog kita juga, dan menambah inspirasi. Inspirasi sering kali diperoleh dari membaca tulisan orang lain.
         Menulis  membuat kita semakin bisa menjadi diri sendiri dan menghargai orang lain juga. Sebenarnya ga berat kalau kita menyukai dan nyaman menulisnya.

Salam Literasi!!
ODOPBATCH5# Tantangan ke 5#

22 komentar:

  1. Balasan
    1. Alhamdulillah mas Rusdi. Salam literasi mas.

      Hapus
  2. Asyik...
    Salam Literasi.
    Semangat ng-ODOP mbak ^_^

    BalasHapus
  3. 👍👍👍 terima kasih inspirasinya 😄

    BalasHapus
  4. mbak Ais keren deh, dah sibuk organisasi, kuliah, msh sempet nulis tiap hr, kece badai, hehe...

    Foto yg kedua keren abis, sy suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah trima kasih mas. 😄😄😄 salam kenal

      Hapus
  5. Balasan
    1. hahahaaha aku juga konsen sama kata rempong. langsung ke GR an aku

      Hapus
  6. ODOP emang keren,... semoga istiqomah nulis satu artikel per hari. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin. Makasih mas ofi. Bismillah semoga ttp istiqomah

      Hapus
  7. Kak, itu ada foto saya.. wkwkwk ngumpet ah malu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh yang mana ya.. ngumpet tah. 😆😆😆.. gpp supaya keliatan langsing gpp mbak.. peace 😂😂😂

      Hapus

Jangan berlebihan memuja orang.

Hy sahabat onlineku. Kita ketemu lagi di catatan Aisyah. Ok guys disini aku mau curhat aja. Ternyata mental inlander ada di dalam diriku.  ...