Follow Us @soratemplates

Minggu, 08 April 2018

Filosofi Gorengan : Gorengan Jadoel


sumber foto : cici cookies


Terdengar suara deruman mesin jahit , Setiap pagi. itu adalah alarm di rumah kami. 

"Euis bangun!!"  Sayup-sayup terdengar suara bibi membangunkanku . Semenjak kecil dia  adalah ibu keduaku. Dia adalah tempat pelampiasan dalam hal kasih sayang tentunya.

“Ya bii I’m ready” kami adalah pecinta Film barat sehingga sering menggunakan aksen salah satu scane di Film Armagedon yang membuatnya selalu menumpahkan air mata ke adonan bala-balana sehingga tak perlu garam untuk menambahkan bumbu ke adonan gorengan tersebut.

Bibi menyetel radio butut di samping mesin Jahit “ Soledad, ... it’s keeping for lonely . Since the day you ware gone ... “ terdengar lagu Westlife mengalun . Dengan judul “Soledad” . Kalau di bahasa Sunda ‘Soledad’ adalah Jatuh terjengkang.

“Soledad.. Bi Aan kasoledad Soledadd !!!” menyanyi dengan riang adalah sesuatu yang wajib bagi kami.

“Mamah dimana bi!!!!” kataku bertanya sambil BAB di kamar mandi.

 “Emak loe lagi ngurisin adek loe. Jangan banyak cincau loe kalau lagi boker . Gue lagi makan pisang goreng tau !! Gila aja loe. Gue jadi ngebayangin yang enggak-enggak. “

Ibu adalah seorang wanita yang sangat energic yang baru berusia 16 tahun saat melahirkanku. Ia dipaksa menikah oleh nenek dan kakek ke seorang pria bujangan berusia 35 tahun yang sudah mempunyai pekerjaan mapan dan rumah di Jakarta.

“Mah, laperrr mau gorengan nyakkk!!” meraung sejadinya melihat bibi makan pisang goreng. “Iya nanti dikasih yang gosong . “ Kata Mama menjawab.   

“ Nyakkkkk !!! pesen gorengan yang ‘tutung’ (gosong) 5 biji buat si Aan!!” Kata mamah. dengan suara melengking dari dalam rumah ke tetanggaku si Nyak yang jualan gorengan.

 Begitulah ‘nyak’ adalah panggilan untuk nenek di bahasa Betawi. 'Tutung' artinya agak kegosongan . Gorengan Nyak terkenal enak-enak. Minta yang gosong karena menurut Mamah itu yang paling enak dan crispy .

Siappp Neng !!!” 

Kata Nyak menjawab.Segera gorengan yang agak gosong dan crispy langsung melesat masuk ke dalam rumah.

“Mak ngebon dulu ya!! Kata Bibi . “ Pala loe gile” Kata Nyak menjawab.  Yang sebenanrnya hanyalah bercandaan.

Dengan lahap memakan pisang goreng dan susu coklat. Itulah yang kuanggap SA-RA-PAN .  Pisang goreng gosong sedikit ditambah susu coklat .

Dengan bekal pisang goreng yang belum selesai dimakan langsung  melesat ke sekolah yang jaraknya lumayan jauh. Berlari dengan kecepatan Gundala berharap gerbang sekolah tidak dikunci.

 Tantangan Fiksi 1 #
Kelas Fiksi#
ODOP 5#


1 komentar:

Jangan berlebihan memuja orang.

Hy sahabat onlineku. Kita ketemu lagi di catatan Aisyah. Ok guys disini aku mau curhat aja. Ternyata mental inlander ada di dalam diriku.  ...