Follow Us @soratemplates

Selasa, 25 Juni 2019

Ingat ya Bun, Ini 8 Tanda Anak Menjadi Korban Bullying Di Sekolah

Assalamualaikum, Bunda Apa kabarnya ? Kali ini aiys days akan membahas mengenai bullying . Seperti yang kita tahu bullying adalah tidakan penindasan atau kekesaan baik secara fisik, verbal, atau psikis (mental)

Bullying secara fisik berupa pukulan, tendangan, mengunci anak dalam ruangan, mencuri barang, memalak, bahkan mengancam akan melakukan tindakan negative.
Bulliying secara Verbal bisa berupa cemoohan, memfitnah, memberi nama panggilan buruk, mengucilkan, menyebarkan gossip jelek, menyebarkan foto tak bak di media social, memanipulasi hubungan petemanan (menyuruh-nyuruh tidak wajar dengan alasan pertemanan) hingga menteror lewat pesan

Bullying bisa terjadi dimana saja, bisa di lingkungan rumah, sekitar rumah, sekolah , bahkan di sosmed. AKhir-akhir ini banyak bermunculan cyberbullying di sosmed yang dampaknya ternyata sangat fatal. Hal itu dikarenakan kurangnya pengawasan orang tua dalam dunia sosmed, Anakpun kurang bijak dalam menggunakan media sosialnya.
Di Indonesia rata-rata anak-anak bisa mempunyai banyak media social. Yang sebenarnya itu juga menggangu kehidupan sosialnya kalau tidak dibimbing dengan benar. Jangan aneh permasalahani anak Indonesia adalah karena postingan status yang buruk di medsos sehingga ia dikucilkan di lingkungan sekitarnya.

Namun, memang tidak mudah mengetahui apakah benar anak anda menjadi korban bullying di sekolah. Setiap permasalahan pasti ada sebeb dan akibat. Dengarkan kelua kesah anak anda dan cermati apa yang harus dikoreksi dari anak anda juga. Kita sebagai orang tua juga harus bijak. Masalah anak biasanya seputar prilakunya yang mungkin tidak disukai oleh temannya. Jangan menitik beratkan ke orang lain dulu. Tetapi, koreksi kedua belah pihak. Setiap anak mempunyai alasannya masing-masing.

 Persepsi bahwa tidak bullying itu tidak berbahaya dan merupakan bagian dari pengalaman hidup anak untuk mencapai kedewasaaanya. Sebaiknya bisa kita bantu dengan mengajari tekhik problem solving atau keterampilan dasar lainnya seperti cara meminta maaf yang benar, bekomunikasi dengan teman , dan cara meredam marah yang benar. Itu lebih berguna daripada anda marah-marah dan kurang bangus dampak psikologisnya dengan anak.

Berikut ini beberapa tanda – tanda anak anda mengalami menjadi korban bullying.

1.     Sulit Tidur
Foto: Pondok Ibu

2.    Sulit Berkonsentrasi
Foto: Klik Dokter

3.    Sering Membuat Alasan Bolos Sekolah
Foto : Loop

4.    Tiba-tiba Menjauhkan diri dari aktifitas yang disukainya

5.    Tampak gelisah, lesu, muram dan putus asa terus menerus


6.    Sering mengeluh kehilangan barang atau bendanya rusak



7.    Nilai Sekolah Menurun

8.    Timbul Luka Memar



Jika anda mencurigai anak atau kerabat anda mengalami tindak bullying , bisa laporkan ke nomor 021-57903020 atau 57003303. Pengaduan Bullying KEMDIKBUD di 0811-976-929 melalui emai ke laporkekerasan@kemdikbud.go.id atau mengakses website sekolahaman.kemdikbud.go.id


Trima kasih sudah berkunjung ^_^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan berlebihan memuja orang.

Hy sahabat onlineku. Kita ketemu lagi di catatan Aisyah. Ok guys disini aku mau curhat aja. Ternyata mental inlander ada di dalam diriku.  ...