Follow Us @soratemplates

Kamis, 11 April 2019

Benarkah Produksi keringat Laki-laki lebih banyak daripada Perempuan ?

 Setiap orang pasti berkeringat, Namun setiap orang memiliki intensitas keringat yang berbeda pula. 

Hal itu dikarenakan kelenjar keringat dalam tubuh tiap orang berbeda sifatnya.
Saat sedang melakukan aktivitas peningkatan suhu tubuh seperti olahraga ataupun aktifitas lainnya . Tubuh cenderung akan mengeluarkan lebih banyak keringat.
Bukan hanya aktifitas fisik. Aktivitas emosional seringkali juga berperan aktif dalam mengeluarka keringat dalam tubuh.

Mengapa kita harus mengelurkan keringat ??
Keringat adalah proses usaha pendingnan tubuh apabila terjadi peningkatan suhu di dalam tubuh. atau yang biasa kita sebut sebagai proses penguapan dalam tubuh.
Selain itu, usaha untuk mendinginkan tubuh bisa dengan meningkatkan jumlah aliran darah ke permukaan kulit. 

Agar panas bisa di transfer ke udara. sehingga tubuh tidak panas kembali.
Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Physiology, anggapan pria berkeringat lebih banyak dari wanita nyatanya kurang tepat. Pasalnya, untuk mengetahui seberapa banyak orang berkeringat bisa diketahui lewat ukuran dan bentuk tubuh seseorang, bukan berdasarkan dari jenis kelaminnya.
Sean Notley sebagai pemimpin penelitian tersebut mengatakan, jenis kelamin bukanlah faktor yang mempengaruhi produksi keringat dan peningkatan aliran darah seseorang ketika menghadapi suhu tinggi atau tekanan panas.
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di Jurnal Experimental Physiology anggapan pria berkeringat lebih banyak dari wanita ternyata kurang tepat. 
Karena, untuk mengukur seberapa banyak orang berkeringat bisa diketahuo melalui ukuran dan bentuk tubuh seseorang . 

Bukan berdasarkan jenis kelaminnya.
Sean Natly, mengungkapkan bahwa "jenis kelamin bukanlah faktor yang mempengaruhi produksi keringat  dan peningkatan aliran darah seseorang.ketika menghadapi suhu tinggi atau tekanan panas"
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, pendinginan utama tubuh bergantung pada ukuran dan bentuk tubuh seseorang. 
Secara khusus, orang yang lebih kecil baik laki-laki ataupun perempuan . 
Lebih bergantung kepada peningkatan aliran darah ke kulit untuk melakukan pendinginan tubuh daripada mengeluarkan keringat.

Sehingga, hal ini menunjukan bahwa orang yang lebih kecil cenderng keringat lebih sedikit.
Namun, apabila ada perbedaan hormon atau emosi orang yang lebih kecil bisa saja berkeringat sama banyaknya dengan orang yang ukuran tubuhnya melebihi dia.
Sumber : Hello sehat dan referensi lainnya.
Trima kasih sudah berkunjung ^_^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan berlebihan memuja orang.

Hy sahabat onlineku. Kita ketemu lagi di catatan Aisyah. Ok guys disini aku mau curhat aja. Ternyata mental inlander ada di dalam diriku.  ...